Monday, December 31, 2018

# competition # travelling

5 Tips Travelling Seru dari Travel Blog ID



Pergantian tahun selalu menjadi momen seru untuk liburan. Karena libur panjang biasanya hanya dua kali dalam setahun. Yakni ketika lebaran dan ketika masa pergantian tahun seperti saat ini. Jangan sampai momen liburan kalian jadi kaku karena kurang update informasi.

Momen libur panjang kamu bakalan seru dengan beberapa tips di bawah ini yang saya dapatkan dari Tips dan Info dari Travel Blog ID :

1. Tujuan

Courtesy by pixabay
Yang pertama harus kamu pikirkan adalah tujuan. Mau liburan kemana? Dengan siapa? Budget berapa? Semua harus kamu persiapkan dari awal. Karena hidup harus ada rencana seperti percintaan, kalo gak ada rencana, kamu harus tanya ke doi, Mau dibawa kemana hubungan kita? ----gak nyambung---

Tips memilih tujuan wisata seru yang kamu harus tau, pilihlah tujuan wisata alam yang jarang dikunjungi dan sulit ditempuh jika kamu memiliki banyak waktu. Karena eforia liburan akan berasa banget menjadi sebuah petualangan seru jika untuk menempuh destinasi saja kamu butuh perjuangan. Apalagi jika bersama teman-teman. Yang menjadikan liburan kamu seru adalah perjalanannya dan dengan siapa kamu pergi, sementara destinasi kamu sebenarnya hanyalah pelengkap.


2. Waktu

Courtesy by pixabay
Nah, tujuan wisata juga harus disesuaikan dengan waktu ya guys... Jika kamu memutuskan ingin travelling di hari liburan panjang, tipsnya jangan pilih tempat wisata yang banyak dikunjungi orang seperti contohnya taman rimba aneka ria, pusat hiburan keluarga, kebun binatang, pusat bermain, bioskop, kolam renang, mall, dan lain-lain yang sekiranya akan sangat ramai di waktu libur. Selain menjadi membosankan, kamu juga harus membuang waktu untuk antri. Dan waktu liburan kamu akan sangat boring jika waktunya lebih banyak antri ketimbang asik-asiknya. Dan biasanya, tiket masuknya juga jauh lebih mahal kan?

Pilihlah waktu untuk travelling di hari-hari kerja dan bukan pada musim liburan panjang. Dan mungkin memang sebaiknya kamu ambil cuti. Selain kamu bisa menikmati tempat wisata dengan damai, kamu juga terbebas dari antrean yang membosankan.

Jika memang waktu liburan tak memungkinkan di hari kerja, mungkin kamu harus memilih waktu yang sedikit sepi untuk mengunjungi destinasi wisata, misalnya pada pagi hari ketika orang-orang masih sepi. Tujuannya untuk bisa mengambil foto yang instagramable tanpa harus ada photobomb. (Ada orang nyelip di foto kita kan rasanya gak banget kan yak...)

2. Budget

Courtesy by pixabay

Yang kedua budget. Ini penting banget sebagai bahan pertimbangan kamu ketika memilih tempat liburan. Kamu bisa liburan kemana aja asalkan budgetnya cukup guys. Sekarang banyak banget kok tempat liburan murah, kekinian, dan instagramable yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan. Jika budget kamu cukup, kamu bisa pilih mau kemana kamu liburan, tapi jika budget kamu terbatas, kamu harus bisa memilih prioritas. 
Nah, banyak kok yang bisa kamu lakukan untuk bisa hemat dan irit tapi tetap seru menikmati liburan, ini contohnya :
  • Cari tempat menginap di rumah saudara atau teman. Jika kamu risih menumpang, kamu bisa cari homestay dengan fasilitas biasa saja. Banyak kok homestay dengan kisaran 100rb-150rb semalam. Nah, untuk lebih hemat lagi, travellinglah berdua atau bertiga, untuk pesan tiket hotel gak akan rugi kok. Kan patungan sekamar.
  • Untuk transportasi selama liburan, kamu bisa naik angkutan umum kemana-mana jika travelling sendirian. Jika di kota destinasi wisata kamu bisa sewa motor, jauh lebih bebas guys... Jika travelling ber-3 atau ber-5 pesan ojek mobil online aja. Sekarang kan ojek mobil online ada di seluruh Indonesia. Jika kamu travelling ber-7, sewa mobil aja. Gak akan rugi kok.
  • Untuk makan, jangan makan di tempat wisata atau mall, pasti mahal kan. Kecuali jika liburan kamu memang buat kuliner. Makanlah makanan yang dekat dengan masjid, biasanya disana banyak makanan murah. Tapi inget, meskipun murah cari yang bersih ya supaya kamu gak sakit perut.
  • Untuk oleh-oleh, beli seadanya aja jangan berlebihan. Apalagi sampe nambah bagasi. Oleh-oleh yang ringan, banyak, dan mudah dibawa adalah gantungan kunci dan pin. Gak ribet kan? Mudah masuk ransel dan semuanya bakal kebagian.
Meskipun budget minim, tetap bisa diakali kok...

3. Teman Liburan

Courtesy by pixabay
Karena sebenarnya liburan itu bukan tentang kemananya, tapi dengan siapanya, jadi pilihlah teman-teman yang seru dan sepemikiran untuk diajak travelling. Jangan travelling dengan orang yang suka mengeluh yang sebentar-sebentar istirahat, sebentar-sebentar capek. Kan agak asyik banget kan kalo kita lagi seru-seruan dianya badmood karena kecapekan. Kalo teman perjalanan kita moody  begitu, gak bisa dimintain buat ambil foto kan jadinya. Harusnya hasil foto bisa instagramable jadi blur deh. Dan jangan liburan bareng temen yang egois karena yang egois gak akan ngerti maunya kita, kan repot banget kalo cuma ikut maunya dia aja.

4. Gadget

Courtesy by pixabay
Bawa gadget apa aja yang kamu punya, jangan pinjam kamera, tripod, dll jika kamu gak punya. Kenapa? Liburan kamu gak akan tenang karena harus menjaga barang pinjaman agar tidak rusak. Jika cuma punya smartphone ya maksimalkan aja yang ada. Karena tujuan liburan untuk melepas penat, kamu gak harus memaksakan diri untuk terlihat kece  jika memang kamu gak punya gadget yang mumpuni.

5. Budaya Setempat

Courtesy by pixabay
Ini yang paling penting. Pelajari adat istiadat setempat sebelum kita tiba di tujuan wisata. Berkaitan dengan etika dan kebiasaan kita, jangan sampai karena etika yang tidak baik, liburan kita jadi kacau karena teguran orang-orang sekitar. Dan pastikan tidak ada sampah yang kita buang sembarangan.

Kalau kamu ingin informasi update kemana arah tujuan liburanmu, kamu bisa kepoin Travel Blog ID yang pastinya selalu memberikan info terbaru tujuan wisata kekinian yang sesuai dengan keinginanmu. Ada banyak review tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dari Sabang hingga Merauke, juga dari ujung Asia hingga ujung Afrika. Juga banyak review tentang kuliner setempat yang bisa kamu kunjungi untuk icip-icip dan membeli oleh-oleh. Artikel seni dan budaya daerah setempat pun bisa kamu tau sebelum kamu memilih destinasi wisata tujuanmu. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan banyak info terkini tentang kamera dan gadget yang kamu butuhkan untuk kamu bawa saat travelling.

Jangan biarkan kenangan liburanmu menguap begitu saja. Abadikan di Travel Blog ID . Di Travel Blog ID , kamu juga bisa berkonstribusi untuk menulis cerita liburan serumu. Dengan menulis cerita seru liburanmu di Travel Blog ID , kamu akan mendapatkan poin untuk bisa ditukarkan dengan beragam hadiah seru tanpa diundi. Semakin banyak kamu menulis, maka semakin banyak pula poin yang akan kamu dapatkan. Seru kan? 

Gak cuma itu, Travel Blog ID bukan website abal-abal. Semua review perjalanan di Travel Blog ID dijamin terpercaya. Banyak banget kelebihan dan manfaat yang bisa didapat dari sini nih guys...



No comments: