Sunday, January 28, 2018

# hobby

PERSIAPAN MENJAHIT



Saya ingin cerita tentang dunia jahit-menjahit. Secara kan ya, punya passion jahit sejak 13 tahun lalu (baca sewaktu SMP ) , tapi karena passion ini tidak didukung oleh kedua orang tua, akhirnya bakatnya terpendam belasan tahun. Bisa saya realisasikan setelah bekerja menjadi seorang insinyur. Hehe... namanya bakat dan kesukaan itu kan tidak bisa hilang dari hati, dilupakan pun ketika diulang kembali bisa jadi mahir lagi.

Setelah saya bekerja beberapa tahun mewujudkan keinginan orang tua, saya terpikir untuk membeli mesin jahit untuk melampiaskan kekosongan hati ini, eh salah, maksudnya untuk melampiaskan bakat terpendam sejak lama. Karena sudah merasa punya uang sendiri, ya gak ada salahnya dimanfaatkan untuk beli apa yang yang kita suka. Wanita kurir gitu loh... (karir maksudnya)

Dan ini dia si mungil yang saya beli pertama kali...

Sumber : Google Image

Mesin jahit Singer Tipe 1306, mesin jahit yang diperuntukkan bagi pemula. Tapi siapa sangka mesin jahit ini bisa sampe jahit baju pengantin dan kebaya. Waaah... luar biasa untuk saya sendiri :p

Nanti kita akan bahas tentang baju pengantin di tulisan berikutnya saja ya... Karena kali ini judulnya persiapan menjahit.

By the way, apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk memulai menjahit?

Ini dia...

Niat
Ya donk... Kalau tak ada niat mau belajar sekeras apapun tidak akan bisa menjahit.

 Passion
Passion? Ya, passion ini sangat berpengaruh sekali. Orang yang tidak suka menjahit bukan tidak bisa menjahit. Bisa, tapi ya hasilnya itu jadinya amburadul. Orang yang suka menjahit saja masih sulit belajar, butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa menguasai teknik-tekniknya, apalagi yang tidak suka.
Saya punya teman yang tidak punya passion sama sekali dalam hal jahit menjahit. Dia punya mesin jahit mahal dibelikan oleh suaminya. Dan dia ikut kelas menjahit cuma supaya dapat teman saja. Ya akhirnya setelah kelas menjahit selesai dia sama sekali tidak ingat pelajaran apa saja yang sudah dipelajari. Bajunya yang dibuat waktu kelas menjahit ya jadi, tapi kan kalau disuruh membuat ulang dia tidak bisa. Karena pada dasarnya dia tidak suka menjahit tapi dipaksa. Sayang sekali mesin jahitnya mahal sudah tidak terpakai lagi. Padahal saya mau sama mensin jahitnya... Hihi...

Mesin Jahit
Kamu ingin belajar menjahit, kamu suka dengan dunia jahit menjahit, kamu ingin menjahit bajumu sendiri tapi kamu tidak punya mesin jahit. Hal ini yang sering saya dengar dari sebagian besar orang. Lalu kamu nekat belajar menjahit bermodalkan mesin jahit di tempat kursus. Bukan tidak bisa. Bisa, tapi setelah kelas menjahit selesai, apakah kamu masih mengingat pelajaran-pelajaran menjahit itu? Menjahit itu keterampilan dan butuh pengulangan. Kalau tidak pernah diulang, ya sayang kan biaya kursusnya jadi sia-sia? Teori saja tidak cukup. Keterampilan itu butuh teknik. Banyak teknik menjahit yang tidak dipelajari di tempat kursus melainkan kita menemukannya sendiri karena seringnya kita menjahit.

Jadi... Jika memang benar betul-betul berniat ingin belajar menjahit dan sudah tau tujuan kamu apa setelah belajar menjahit, sangat baik sekali jika kamu membeli mesin jahit terlebih dahulu sebelum menentukan tempat kursus. Bisa itu mesin jahit manual ataupun portable. Tergantung kamu bisanya menggunakan mesin yang mana. Kalau saya sendiri, memilih yang portable karena lebih mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana. Menggunakan yang manual menurut saya lebih rumit, saya tidak bisa.

Dan satu hal lagi. Jika kamu punya mesin jahit, kamu akan merasa kecanduan dan ingin terus menjahit sehingga itu bisa memaksa kamu untuk belajar karena kesukaan kamu tersebut. Sayang kan sudah beli mesin jahit tapi tidak terpakai?

Tentukan Apa yang Mau Dijahit
Ada sebagian orang menguasai seluruh teknik menjahit. Ada sebagian yang hanya bisa menjahit lurus saja dengan menggunakan mesin tetapi tidak bisa membuat pola pakaian. Ada sebagian lagi yang suka membuat kerajinan tangan saja. Ada pula yang suka membuat pakaian dan aksesorisnya. Nah... kamu tipe yang mana? Kalau saya suka membuat pakaian, kerajinan tangan, dan home decor. Di postingan selanjutnya saya akan share tutorial-tutorial menjahit.

Kain
Jika kamu sudah tau kamu mau menjahit apa. Kamu tinggal pergi ke toko kain untuk membeli jenis dan motif kain sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya kamu ingin menjahit sarung bantal, maka kain yang kamu beli bisa jenis katun pola warna-warni. Jika kamu ingin menjahit pakaian, kamu bisa cari bahan yang kamu butuhkan misalnya kain jenis polos, dan lain sebagainya. Tergantung apa yang ingin kamu jahit.
Nah, jika  kamu memilih untuk mengikuti kursus, biasanya dari tempat kursus akan diarahkan untuk membeli jenis kain seperti apa karena kamu harus mengikuti arahan dari pengajar. Kalau kamu memilih untuk otodidak, kamu bisa cari tau cara membuat pola lewat Youtube, dan blog-blog menjahit lainnya. Hanya saja, mungkin belajar otodidak sedikit lebih sulit jika belum memiliki dasar. Kalau saya dulu pernah belajar menjahit dari teman saya lalu saya otodidak mengembangkan apa yang sudah dia ajarkan kepada saya. Jadi saya sudah punya dasar. Saya lebih sering bertanya ke Google sih dan cari-cari referensi via Pinterest, Youtube, dan blog-blog menjahit.

Perlengkapan Menjahit
Sekarang kamu tinggal membeli perlengkapan menjahit. Untuk menjahit pakaian yang kamu butuhkan adalah :
  • Kertas koran / kertas kopi untuk membuat pola
  • Penggaris pola. Ada banyak penggaris di dalam dunia menjahit, namun biasanya untuk pemula lebih sering menggunakan 2 penggaris seperti di bawah ini
Sumber : Google Image
  • Benang Jahit, pilihlah benang jahit yang warnanya sesuai dengan warna kain kamu atau jika kain kamu bermotif, maka pilihlah warna benang yang sesuai dengan warna dominan kain. Tujuannya jika terjadi kesalahan dalam menjahit jadi tidak begitu terlihat.
Benang Jahit

  • Resleting, kancing, perekat kain (velcro) jika diperlukan. Tergantung apa yang kamu perlukan.
Resleting

Kancing

Perekat Kain (Velcro)
Setelah kamu mempersiapkan segala hal untuk keperluan menjahit kamu, kamu bisa langsung menjahit. Jika masih otodidak, sebaiknya kamu sering cari informasi di Google, Pinterest , ataupun Youtube . Dan kamu bisa cari channel yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, disitulah pentingnya mesin jahit. Jika kamu sudah punya bahan-bahan untuk menjahit, tidak mungkin kan jika tidak ada alat untuk menjahitnya? 

Ada beberapa web yang bisa dijadikan referensi kamu untuk belajar otodidak menjahit antara lain :


So... sudah siapkah untuk belajar menjahit??








No comments: