Saturday, December 29, 2018

# travelling

Pesona Sakti Alam Kerinci | 5 Wisata Murah di Kerinci


Gunung Kerinci
Kerinci, sebuah kabupaten yang terletak di ujung Provinsi Jambi, berbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Kehadirannya selalu menjadi penyejuk warga kota yang ingin menikmati suasana pedesaaan di kaki gunung. Berjarak sekitar 421 KM dari Kota Jambi. Butuh waktu kurang lebih 10 jam menempuh jalanan panjang yang melewati bukit barisan dan hutan. Namun jika melewati jalur udara, Kerinci bisa ditempuh selama 30 menit dari Bandara Sultan Thaha ke Bandara Depati Parbo di Sungai Penuh menggunakan jenis pesawat mungil, kalau tidak salah Susi Air, yang mampu menampung 20 orang penumpang beserta awak pesawat. Dulu pesen tiketnya via admin khusus,  kalo sekarang tiket Jambi-Kerinci bisa dipesan lewat travel agen online. Kalo dulu hanya Susi Air yang masuk ke Bandara Depati Parbo, sekarang Wings Air sudah ada juga loh. Tapi harus transit di Kabupaten Bungo terlebih dahulu.


Penampakan pesawat capung
Courtesy by jambi.tribunnews.com
Penampakan danau Kerinci dari atas pesawat
Jangan kaget, ketika naik pesawat ini kalian akan merasakan pengalaman seru kayak di film Dono Kasino Indro. Getaran pesawat ini berasa banget. Nanti awak pesawat akan memberikan sepasang busa pelindung telinga karena suara mesin pesawat kuat sekali. Tidak disarankan membawa bayi dan balita untuk menaiki pesawat ini.
Jajaran bukit barisan menjadi pagar bagi Danau Kerinci
Di Kerinci banyak hotel bintang dua. Hotel favorit kami adalah Hotel Kerinci. Bagi teman-teman yang ingin ke Kerinci bisa booking dulu sebelum ke Kerinci karena hotel ini sering penuh ketika hari libur. Fasilitasnya standar sih, free wifi, sarapan, dan air panas. Kebayang gak pagi-pagi mandi dengan air dingin di Kerinci? Bisa-bisa pulang liburan demam. Lokasi hotel ini jadi favorit karena di belakang hotel kita bisa menikmati suasana perbukitan.



Yang mau booking tiket Hotel Kerinci, saya kasih info di bawah ini : 


AlamatJalan Muradi No. 28, Koto Tinggi, Sungai Penuh, Koto Tinggi, Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111
Telepon(0748) 324459


Nah, wisata alam Kerinci yang dapat kalian nikmati antara lain :

1. Danau Kerinci

Kerinci beribukota di Sungai Penuh. Di Sungai Penuh sendiri, kita bisa menikmati indahnya Danau Kerinci seluas 46 KM2. Di sekitar Danau Kerinci, terdapat jalan setapak dan pendopo yang dibangun oleh pemerintah setempat sebagai fasilitas pengunjung danau. Danau ini jernih airnya, semilir angin yang melambai lembut menyapu kerudung kami seolah menyanyikan lagu betapa indahnya alam ini. Untuk menikmati Danau Kerinci, kalian tak perlu membayar tiket kok, paling hanya membayar parkir sebesar Rp 5.000,00


Penampakan Danau Kerinci dari arah yang berbeda


2. Air Panas Semurup  

Selain Danau Kerinci, ada wisata Air Panas Semurup. Di sana kita bisa mandi air panas dan memasak telur. Air panas mengandung balerang yang bisa membunuh kuman-kuman pada penyakit kulit. Dari jauh bau balerang sudah tercium ketika kita memasuki gerbang wisata air panas. Di atas kolam air panas tampak asap mengepul dan riak air melegak. Di lokasi wisata Air Panas Semurup banyak pedagang yang menjual telur untuk direndam di kolam air panas tersebut. Dengan menggunakan jaring, telur dimasak sekitar 10-15 menit perendaman. Saran saya, jika ingin mengunjungi Danau Kerinci dan Air Panas Semurup, jangan di hari libur karena wisatawan lokal dan luar membludak sekali. Di hari biasa lokasi wisata ini sepi pengunjung sehingga kita bisa menikmati tempat wisata dengan aman dan nyaman. Pengunjung diminta membayar sebesar Rp 15.000,00 untuk bisa masuk ke dalam kawasan kolam pemandian air panas. Tapi jika hanya menikmati air panas dari luar tidak perlu membayar tiket.

3. Gunung Kerinci

Nah, menuju Kayu Aro, kita harus menempuh perjalanan selama 1 - 2 jam. Perjalanan mendaki cukup bikin telinga budeg ketika sampai di atas bukit. Dan kulit akan mulai mengering ketika kita berada dalam kondisi cuaca dingin perbukitan. Saran saya, selalu sedia pelembab dan lotion untuk kulit agar kulit tak begitu kering ketika kita pulang liburan nanti.

Gunung Kerinci adalah wisata alam yang menarik untuk dinikmati bagi pecinta alam, terutama bagi pendaki. Udaranya yang segar, hamparan kebun teh di Kayu Aro, Indahnya Rawa Bento, dan aroma dingin yang selalu menyeruak tiap kali kita membuka kaca jendela mobil, syahdu bagi kami yang menikmati perjalanan ini.



Di Kayu Aro, banyak penginapan murah meriah seperti homestay berkisar 40rb-200rb per orang / per kamar. Waktu itu kami mendapat harga kamar 40rb per orang semalam. Lokasi penginapan berhadapan langsung di depan Gunung Kerinci. Fasilitas sudah cukup sih untuk backpacker. Dengan kamar mandi di luar dan dan dapat selimut ekstra tebal. Ya namanya juga murah meriah, ya fasilitas seadanya. Dan sepertinya homestay tersebut juga diperuntukkan bagi pendaki yang hendak naik gunung ataupun yang baru saja turun gunung untuk melepas penat sejenak.

Jika menginginkan penginapan berupa villa, kalian bisa juga menyewa villa di kawasan pabrik teh Kayu Aro. 



4. Air Terjun Telun Berasap

Selain Gunung Kerinci, juga terdapat wisata Air Terjun Telun Berasap, air terjun ini memiliki tinggi 50 meter. Uap air pada air terjun ini tampak seperti asap yang terus mengepul karena derasnya air yang jatuh. Untuk menuju air terjun ini, kalian harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam. Dari sudut saya mengambil foto, terdapat sebuah pendopo kecil yang biasanya digunakan untuk berfoto. Namun harus hati-hati, kawasan ini cukup licin dan mudah sekali tergelincir.


Air Terjun Telun Berasap
Air Terjun Telun Berasap
Ini adalah penampakan sungai sebelum menuju Air Terjun Telun Berasap. Sungai ini berasal dari Danau Gunung Tujuh. Untuk memasuki kawasan Air Terjun, pengunjung cukup membayar tiket Rp 10.000,00 untuk dewasa dan Rp 5.000,00 untuk anak-anak. Namun, jika kalian punya kenalan orang Kerinci, bisa gratis loh...
Sungai Gunung Tujuh yang bermuara pada Air Terjun Telun Berasap
Sungai Gunung Tujuh yang bermuara pada Air Terjun Telun Berasap

5. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro merupakan kebun teh tua yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Untuk bisa menikmati kebun teh ini kalian tak perlu membayar tiket karena kebun teh bisa dinikmati sepanjang perjalanan ke Gunung Kerinci. Tetapi meskipun gratis, kita juga harus menjaga tanaman ini agar tidak rusak ya. Dan juga tetap harus menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai ada banyak sampah di kawasan.
Kebun Teh Kayu Aro
Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro
Perjalanan menuju Kebun Teh Kayu Aro

Kebun teh ini sangat luas, kalian tinggal pilih mau mengambil sudut pandang foto dari mana saja yang kalian sukai. Sebagian ada kebun teh yang sudah rusak, ada kebun teh yang diganti dengan tanaman kopi, ada juga kebun teh yang masih tertata rapi seperti bukit Teletubbies yang tampak pada penampakan dua sejoli ini...

Libur panjang akhir tahun telah tiba. Saatnya merencanakan liburan seru. Bisa bareng keluarga atau sahabat menikmati pergantian tahun. Namun tetap ingat untuk selalu menjaga kebersihan daerah wisata. Kalau bukan kita yang menjaga, lalu siapa lagi?



No comments: