Tuesday, January 23, 2018

# mommy

Review Susu Ibu Hamil

Assalamu'alaikum mommy yang super duper cantik...

Courtesy : Pinterest
Seperti yang sudah saya janjikan, saya ingin menulis review tentang susu ibu hamil yang sudah saya coba. Karena saya ini orangnya moody, jadi saya suka bosan sama 1 rasa saja sehingga saya suka coba-coba. Saya pikir semua susu itu sama, hanya persentase kandungannya saja yang berbeda.

Saya sudah mencoba dari Prenagen Esensis sewaktu merencanakan program kehamilan, Prenagen Mommy Emesis, Lactamil Inisis, Lactamil Pregnasis, sampe Vidoran Ibunda. Dan dari 1 rasa ke rasa yang lain sudah saya coba. Hehe... Lumayan banyak untuk kehamilan yang baru hampir memasuki 4 bulan ini.
Susu untuk persiapan kehamilan - Prenagen Esensis
Setelah menikah saya masih bekerja. Saya penggemar susu, waktu itu saya beberapa kali minum susu pra kehamilan untuk menunjang program kehamilan pertama saya karena sempat beberapa bulan kosong. Waktu itu sahabat saya menyarankan untuk minum Prenagen Esensis. Saya coba rasa coklat dan moka. Moka ini sejenis kopi, tiap saya minum makanan atau minuman yang punya rasa kopi, pasti pipis saya jadi bau kopi. Begitupun dengan Prenagen Esensis ini. Kemudian saya ganti yang rasa coklat. Rasa coklat normal-normal saja sih. Harganya Rp 59.000,00 untuk yang 360 gr dan Rp 32.000,00 untuk yang 180 gr. Ada rasa coklat, moka, dan vanilla.

MENGAPA HARUS MINUM SUSU PRA KEHAMILAN?


Dari beberapa sumber info yang saya dapatkan adalah kandungan di dalam susu ini kaya akan asam folat, kalsium, dan mineral lainnya. Maka kandungan ini ikut berkontribusi menyumbangkan kandungannya untuk calon janin nantinya. Dan sebagai tambahan, susu pra kehamilan ini juga menjadi cadangan nutrisi ketika sang ibu mual dan muntah ketika hamil. Ketika kehamilan trisemester pertama, ibu akan mengalami tidak nafsu makan, morning sickness, sampai tidak makan sama sekali. Nah, kandungan di dalam susu pra kehamilan ini lumayan ikut membantu loh. Apalagi asam folatnya. Sehingga diharapkan janin tidak kekurangan asam folat untuk perkembangannya selama trisemester pertama. Tapi bukan berarti susu saja cukup ya Mom untuk nutrisi debay... Ibu harus tetap makan ketika mual dan muntah. Karena ibu sendiri butuh tenaga untuk menjaga debay agar tetap sehat.

Ada sebagian ibu yang tidak bisa makan sama sekali ketika hamil. Setiap makan keluar lagi. Di beberapa kasus dari para ibu yang pernah cerita ke saya, ada yang tidak makan selama 7 bulan, bahkan ada yang sampai 9 bulan. Adapula yang bergerak sedikit muncul flek. Ada juga yang selama 9 bulan mau ke kamar mandi aja harus digotong suami. Nah, jika keadaan seperti ini terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Bagaimanapun, ibu harus tetap sehat agar janin mendapatkan nutrisi yang cukup. Rahim itu diciptakan kuat oleh Allah, tapi ada sebagian ibu yang memang diberi cobaan seperti itu. Tiap kondisi kandungan berbeda-beda.

Ada pula ibu yang cuma mau makan nasi Padang saja ketika hamil, ada yang suka makan sambal terasi dan terong, ada yang cuma suka makan pisang goreng. Saya sendiri sukanya jajan gak suka makan nasi, lebih tidak sehat lagi, jangan ditiru ya Mom... Tapi kadang saya ganti nasi dengan jagung, ubi rebus, spagetti, ataupun kentang goreng. Jangan sampai ibu lemas karena bisa mengurangi produktifitas sehari-hari.

PERBEDAAN PRENAGEN MOMMY EMESIS DAN PRENAGEN MOMMY




Prenagen Mommy Emesis adalah susu yang dipersiapkan untuk ibu yang mengalami mual dan muntah. Mengandung Vitamin B6 dan protein yang terbukti secara klinis berperan dalam mengurangi resiko mual dan muntah di awal kehamilan. Dan juga mengandung zat besi, asam folat, dan kalsium yang tinggi.

Sedangkan Prenagen Mommy adalah susu untuk ibu hamil yang tidak mengalami mual dan muntah. Mengandung Vitamin B12 untuk pertumbuhan sel-sel darah merah, zat besi, asam folat, kalsium, serat pangan, dan juga insulin.

Di awal kehamilan selanjutnya, saya masih setia dengan Prenagen, saya coba rasa stroberi dan vanilla delight. Tapi saya lebih suka yang rasa vanilla delight, karena lebih seperti rasa susu Hilo, untuk Prenagen ini lemak susu tidak begitu banyak sehingga tidak terlalu bikin begah. Dan untuk rasa stroberinya saya merasa seperti ada rasa penicilin. Mungkin karena produksi Kalbe Farma yang notabene adalah perusahan farmasi.

PERBEDAAN LACTAMIL INISIS DAN LACTAMIL PREGNASIS


Pada waktu kehamilan 2 bulan saya sempat salah beli susu. Waktu itu karna mau cepat saya beli Lactamil Pregnasis. Setelah sampai rumah saya baru sadar ternyata Lactamil Pregnasis itu untuk kehamilan usia 4-9 bulan. Seharusnya saya beli yang Lactamil Inisis untuk usia kehamilan 1-3 bulan. Setelah saya searching, rupaya sebenarnya kandungannya sama. Jadi daripada mubazir ya saya minum aja...

Nah perbedaannya adalah :

Lactamil Inisis adalah susu yang diperuntukkan untuk ibu hamil usia 1-3 bulan. Susu ini menjadi solusi untuk ibu yang mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Tersedia hanya rasa coklat saja. Lactamil Inisis juga bisa diminum ketika merencanakan kehamilan loh... Rasanya lebih ringan tapi tetap enak.

Sedangkan Prenagen Mommy Emesis adalah susu untuk ibu hamil usia 4-9 bulan. Rasanya agak sedikit begah dan eneg tapi masih enak kok yang rasa coklatnya. Ada rasa coklat, vanilla, dan strawberry. Tapi saya tidak pernah menemukan yang rasa strawberry di pasaran.

Untuk kemasan 200 gr harganya Rp 32.500,00 dan untuk kemasan 400 gr harganya Rp 65.000,00

SUSU HAMIL VIDORAN IBUNDA


Nah, susu yang baru saja saya coba kemarin adalah susu Vidoran Ibunda rasa coklat. Waktu itu niatnya dari rumah memang pengen ganti susu. Sepupu saya bilang katanya ada susu murah merk Vidoran, ada susu anak juga ada susu untuk ibu hamilnya. Karena penasaran saya cek sendiri ke supermarket. Ternyata bener loh, Untuk susu Vidoran Ibunda kemasan 375 gr dibandrol dengan harga Rp 39.000,00 saja. Tersedia rasa Coklat, Vanilla, dan Kacang Hijau. Saya trauma dengan susu rasa kacang hijau karena pernah nyoba Hilo rasa kacang hijau dulu waktu masih gadis. Eneg dan gak keminum. Jadi sampai sekarang saya anti sama susu rasa kacang hijau.

Vidoran Ibunda rasanya not bad kok. Gak bikin eneg. Vidoran Ibunda ini produksi Tempo Scan. Setelah saya selidiki ternyata kandungannya yang sedikit lebih kalah dari susu Prenagen dan juga Lactamil. Kandungannya lebih sedikit 5-10 % dari kandungan yang biasa ada pada Prenagen dan Lactamil. Kelebihan Vidoran Ibunda adalah, susu ini dilengkapi dengan minyak ikan Cod yang biasanya tidak ada pada susu ibu hamil lainnya.

Dan pada umumnya, semua susu ibu hamil itu pasti mengandung asam folat, zat besi, dan kalsium lebih banyak. Asam folat selalu disebut sebagai nutrisi terpenting bagi janin karena asam folat ini yang mencegah cacat tabung saraf pada janin.

Saya biasanya menghabiskan susu kemasan 400 gr itu selama seminggu. Diminum ketika sarapan dan juga sebelum tidur. Untuk kemasan 200 gr biasanya cuma 3 - 4 hari. Karena saya susah makan jadi makanan dan minuman penunjang saya banyakin.

Nah, sudah tau kan Mom perbedaannya. Mommy bisa pilih susu yang sesuai dengan kebutuhan Mommy...


Sebaik apapun kandungan susu, tetap saja susu tidak mampu menggantikan asupan makanan bergizi karena susu hanya penunjang. Mommy harus tetap makan untuk mengisi energi karena ada manusia di dalam tubuh Mommy yang kelak harus Mommy persiapkan untuk menjadi generasi bangsa yang cerdas.

Well... tetap semangat untuk makan makanan bergizi ya Mom...




No comments: